Jumat, 30 September 2011

RPP KELAS 1 BAG 2


RENCANA PEMBELAJARAN

1.  Nama Sekolah     : SMK Binawiyata Sragen
2.  Mata Pelajaran    : Matematika                              
3.  Kelas / Semester : I / 2
4.  Pertemuan ke      : 12, 13, 14
5.  Alokasi Waktu    : 9 x 45 menit

 

A.    Standar Kompetensi    
§  Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor         

B.     Kompetensi Dasar
§  Mendeskripsikan  ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi dan ingkarannya

C.     Indikator         
§  Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi dibedakan
§  Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi, ditentukan  nilai kebenarannya
§  Ingkaran dari konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi ditentukan nilai kebenarannya

D.     Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari kegiatan ini diharapkan siswa dapat :
§  Memberi contoh dan membedakan ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi, dan ingkarannya
§  Membuat tabel kebenaran dari ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi, dan ingkarannya
§  Menentukan nilai kebenaran dari ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi, dan ingkarannya

E.     Uraian Materi
1. Ingkaran (Negasi)
Ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan benar adalah salah dan ingkaran dari suatu pernyataan salah adalah benar.


Tabel kenaran ingkaran :
         
p
~p
B
S
S
B
          Contoh :
          1.  p    : Indonesia tergabung dalam negara-negara nonblok (B)
              ~p  : Indonesia tidak tergabung dalam negara-negara nonblok (S)
          2,  p   : 2 adalah bilangan prima (B)
              ~p  : 2 adalah bukan bilangan prima (S)
         
          2. Disjungsi
              Jika pernyataan digabung dengan kata ”atau” maka pernyataan majemuk yang diperoleh disebut disjungsi.
              Tabel kenaran :
p
q
B
B
S
S
B
S
B
S
B
B
B
S
              Contoh :
              p   : 2 adalah bilangan genap (B)
              q   : 2 adalah bilangan prima (B)
               : 2 adalah bilangan genap atau 2 bilangan prima (B)
             
3. Konjungsi
          Jika pernyataan digabung dengan kata ”dan” maka pernyataan majemuk yang diperoleh disebut Konjungsi.
              Tabel kenaran :
p
q
B
B
S
S
B
S
B
S
B
S
S
S
              Contoh :
              p   : 3 adalah bilangan prima (S)
              q   : 3 adalah bilangan ganjil (B)
               : 3 adalah bilangan prima dan ganjil (S)
4. Implikasi
Pernyataan majemuk yang berbentuk ”jika p maka q” disebut implikasi.
Implikasi dilambangkan ”” ditulis ”p q” dan dibaca :
1.     Jika p maka q
2.    p hanya jika q
3.    p syarat yang cukup untuk q
4.    q syarat yang perlu untuk p
          Tabel kenaran :
p
q
B
B
S
S
B
S
B
S
B
S
B
B
          Contoh :
P           : 3 adalah bilangan prima (S)
q           : 3 adalah bilangan ganjil (B)
 : jika 3 adalah bilangan prima maka 3 adalah bilangan ganjil (B)
5. Biimplikasi
Pernyataan majemuk yang berbentuk ”p jika dan hanya jika q” disebut Biimplikasi.
Biimplikasi dilambangkan ”” ditulis ”p  q” dan dibaca :
1.     p jika dan hanya jika q
2.    p ekuivalen q
3.    p syarat yang cukup dan perlu q
       Tabel kenaran :
p
q
B
B
S
S
B
S
B
S
B
S
S
B
          Contoh :
P           : 3 adalah bilangan prima (S)
q           : 3 adalah bilangan ganjil (B)
 : 3 adalah bilangan prima jika dan hanya jika  3 adalah
                bilangan ganjil (S)



F.      Rangkuman Hasil Kegiatan Belajar :
§  Ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan benar adalah salah dan ingkaran dari suatu pernyataan salah adalah benar.
§  Jika pernyataan digabung dengan kata ”atau” maka pernyataan majemuk yang diperoleh disebut disjungsi.
§  Jika pernyataan digabung dengan kata ”dan” maka pernyataan majemuk yang diperoleh disebut Konjungsi.
§  Pernyataan majemuk yang berbentuk ”jika p maka q” disebut implikasi.
§  Pernyataan majemuk yang berbentuk ”p jika dan hanya jika q” disebut Biimplikasi.

G.    Metode Pembelajaran
·         Ceramah
·         Diskusi
·         Media Pembelajaran
·         Tanya Jawab
H.     Skenario Pembelajaran

No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
1






2




















3
Pendahuluan
a. Guru membuka pelajaran, mempersilahkan siswa untuk mempersiapkan diri mengikuti pelajaran dan memberi kesempatan siswa menanyakan kesulitan materi sebelumnya.
b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti
a.  Guru menjelaskan materi tentang ingkaran, disjungsi, konjungsi, implikasi dan biimplikasi.
b. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang belum paham.
c. Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan soal dan berdiskusi dengan teman, apabila tidak paham guru membantu siswa.
d. Guru membahas jawaban dari lembar kerja siswa dan menyuruh siswa mengoreksi pekerjaan.
e. Guru memberi kuis pendek kepada siswa untuk dikerjakan secara individu dan siswa tidak diijinkan untuk saling membantu dalam mengerjakan kuis.
f. Guru menyuruh siswa untuk mengumpulkan jawaban.
g. Guru memberi pekerjaan rumah untuk siswa.

Penutup
a. Guru menutup pelajaran dengan
    membimbing siswa untuk menyimpulkan
    materi yang telah dipelajari.
b. Guru menyampaikan materi berikutnya
    untuk dipelajari dirumah


a. Siswa siap menerima pelajaran dan mempersiapkan materi yang telah dipelajari dirumah, siswa bertanya bila kesulitan
b. Siswa memperhatikan apa yang disampaikan guru

a. Siswa memperhatikan penjelasan guru.

b. Siswa menanyakan materi yang belum paham.

c. Siswa mengerjakan soal dan berdiskusi.

d. Siswa memperhatikan penjelasan  guru.

e.  Siswa mengerjakan kuis



f. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaan kepada guru
g. Siswa mencatat pekerjaan rumah yang diberikan guru.


a. Siswa menyimpulkan materi

b. Siswa memperhatikan arahan guru.
10’






115’




















10’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar