RENCANA PEMBELAJARAN
1. Nama Sekolah : SMK Binawiyata Sragen
2. Mata Pelajaran : Matematika
3. Kelas / Semester : I / 2
4. Pertemuan ke : 11
5. Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A. Standar Kompetensi
§ Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
B. Kompetensi Dasar
§ Mendeskripsikan pernyataan dan bukan pernyataan (kalimat terbuka)
C. Indikator
§ Dibedakannya pernyataan dan bukan pernyataan
§ Ditentukannya nilai kebenarannya
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari kegiatan ini diharapkan siswa dapat :
§ Memahami kalimat terbuka dan pernyataan
§ Membedakan pernyataan dan kalimat terbuka
§ Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan
E. Uraian Materi
Pernyataan adalah : kalimat yang nilai kebenarannya sudah ditentukan benar atau salah saja dan tidak kedua-duanya.
Contoh :
1. Diagonal-diagonal bujursangkar berpotongan tegak lurus.
2. Apakah dua termasuk bilangan prima?
3. Segitiga siku-siku salah satu sudutnya adalah 900.
4. Apakah pelajaran matematika menyenagkan?
Penyelesaian :
1. Pernyataan
2. Bukan pernyataan
3. Pernyataan
4. Bukan pernyataan
Soal :
Tentukan manakah yang merupakan pernyataan dan bukan pernyataan
1. log ab = log a + log b
2. pria yang berambut bergondrong jahat.
3. Kota Bandung adalah ibukota Jawa Barat.
4. Jumlah dua bilangan ganjil adalah bilangan genap.
Penyelesaian :
1. Pernyataan
2. Bukan pernyataan
3. Pernyataan
4. Pernyataan
Tentukan nilai kebenaran dari pernyataan berikut :
1. 24 dan 25 habis dibagi 3
2. Jika 2 < 6 maka 6 > 7
3. Segitiga sama kaki dan segitiga sama sisi memiliki dua sudut yang sama besar.
Penyelesaian :
1. Salah
2. Benar
3. Benar
F. Rangkuman Hasil Kegiatan Belajar :
Pernyataan adalah : kalimat yang nilai kebenarannya sudah ditentukan benar atau salah saja dan tidak kedua-duanya.
G. Metode Pembelajaran
· Ceramah
· Diskusi
· Media Pembelajaran
· Tanya Jawab
H. Skenario Pembelajaran
No | Kegiatan Guru | Kegiatan Siswa | Waktu |
1 2 3 | Pendahuluan a) Guru membuka pelajaran, mempersilahkan siswa untuk mempersiapkan diri mengikuti pelajaran dan memberi kesempatan siswa menanyakan kesulitan materi sebelumnya. b) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan Inti a) Guru menjelaskan materi tentang pernyataan, bukan pernyataan dan nilai kebenarannya b) Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang belum paham. c) Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan soal dan berdiskusi dengan teman, apabila tidak paham guru membantu siswa. d) Guru membahas jawaban dari lembar kerja siswa dan menyuruh siswa mengoreksi pekerjaan. e) Guru memberi kuis pendek kepada siswa untuk dikerjakan secara individu dan siswa tidak diijinkan untuk saling membantu dalam mengerjakan kuis. f) Guru menyuruh siswa untuk mengumpulkan jawaban. g) Guru memberi pekerjaan rumah untuk siswa. Penutup a) Guru menutup pelajaran dengan membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari. b) Guru menyampaikan materi berikutnya untuk dipelajari dirumah | a) Siswa siap menerima pelajaran dan mempersiapkan materi yang telah dipelajari dirumah, siswa bertanya bila kesulitan b) Siswa memperhatikan apa yang disampaikan guru a) Siswa memperhatikan penjelasan guru. b) Siswa menanyakan materi yang belum paham. c) Siswa mengerjakan soal dan berdiskusi. d) Siswa memperhatikan penjelasan guru. e) Siswa mengerjakan kuis g) Siswa mengumpulkan hasil pekerjaan kepada guru h) Siswa mencatat pekerjaan rumah yang diberikan guru. a) Siswa menyimpulkan materi b) Siswa memperhatikan arahan guru. | 10’ 115’ 10’ |
I. Media Pembelajaran
§ Papan tulis
§ Spidol
§ Penghapus
§ LCD dan proyektor
§ Buku acuan yang relevan
J. Sumber Buku
· Soekotjo Loedji Willa Adrian. 2008. Bilingual untuk SMA/MA. YRAMA WIDYA : Bandung .
K. Penilaian
Uji Kompetensi | Materi |
1. Tes tertulis 2. Pengamatan 3. Penugasan | 1. Soal – soal essai |
Sragen, ……………………………….
Menyetujui
Ketua Program T. E lektro Guru Mata Diklat
dan TKJ
Suparno, M.Pd Wijayanti Kusumawati, SPd
Disyahkan
Kepala Sekolah SMK Binawiyata
Drs. Saimin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar